Sir Alex Ferguson secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pelatih Manchester United di akhir musim ini. Fergie (sapaan akrab Ferguson) memutuskan untuk pensiun sebagai pelatih setelah menangani MU sejak tahun 1986. Dalam konferensi pers mengenai pengunduran dirinya, Fergie merasa ini adalah saat yang tepat baginya untuk pensiun. Bagi Sir Alex, tim MU yang ada saat ini sangat kuat dan masih akan mampu berjaya dalam beberapa tahun yang akan datang, siapapun penggantinya. Ferguson juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para fans MU untuk dukungan bagi tim kesayangan mereka selama ini.

Pria kelahiran Glasgow, Skotlandia pada tanggal 31 Desember 1941 ini merupakan pelatih tersukses sepanjang sejarah klub yang berjuluk “Setan Merah” ini. Selama kurang lebih 27 tahun menangani MU, Sir Alex Ferguson mempersembahkan 13 gelar Liga Inggris, 5 Piala FA, 4 Piala Liga, 2 Liga Champion, 1 Piala Winner, 1 Piala Super Eropa, 1 Piala Kontinental, 1 Piala Dunia Antarklub, dan 10 gelar Charity/Community Shield. Ferguson juga merupakan manajer terlama sepanjang sejarah MU, sekaligus melewati rekor Sir Matt Busby sebagai manajer terlama di sepak bola Inggris.

Sir Alex Ferguson, legenda hidup Manchester United

Sir Alex FergusonBagi suporter Manchester United, Sir Alex Ferguson adalah seorang legenda hidup, bahkan mungkin seorang “dewa penyelamat”. Dia adalah sosok yang membawa MU yang “berantakan” pada tahun 1986 menjadi sebuah klub yang sangat disegani, berprestasi, terkenal dan salah satu klub terkaya bukan hanya di Liga Inggris, namun juga di eropa dan dunia. Salah satu prestasi Sir Alex Ferguson yang fenomenal adalah membawa MU melangkahi rekor gelar juara Liga Inggris 18 kali milik Liverpool, dengan torehan 20 kali juara milik MU. Selain, tentu saja dua gelar Liga Champion yang berhasil ia menangi bersama Setan Merah, di dua final yang sangat dramatis tahun 1999 dan 2008.

Keputusan Sir Alex Ferguson untuk pensiun ini memang mengejutkan banyak pihak, walaupun banyak pula yang menantikannya. Menarik untuk ditunggu siapakah pelatih MU selanjutnya. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa pelatih Everton, David Moyes merupakan kandidat utama untuk menggantikan posisi Ferguson sebagai pelatih di MU. Keputusan Sir Alex Ferguson untuk pensiun pun menjadi “pertaruhan” bagi MU sendiri karena sosok Sir Alex yang sudah begitu melekat di MU dan prestasi yang ditorehkannya. Sehingga sosok pengganti Sir Alex Ferguson akan dihadapkan pada tantangan bagaimana untuk tetap mempertahankan dominasi Manchester United di Liga Inggris, dan tentu saja memberikan kejayaan di kompetisi Eropa.

Sumber Gambar : http://www.sport-it.net