BlackBerry BBM iOS Android BBLive 2013

Press Release BlackBerry Messenger tersedia di iOS Android pada BBLive 2013

Blackberry Messenger (BBM) Service adalah layanan berbayar yang sangat populer khususnya di Indonesia. Blackberry Messenger (BBM) sangat di khususkan untuk pengguna ponsel Blackberry namun kemarin (14 Mei 2013) [1] Blackberry mengeluarkan Press Release bahwa musim panas ini Blackberry Messenger (BBM) akan tersedia pada platform IOS dan Android. Kabar mengejutkan ini pertama kali diberitakan oleh Thorsten Heins[2] pada acara BBLive[2] yang digelar pada 14 Mei 2013.

Blackberry sangat percaya diri dengan gebrakan menghadirkan Blackberry Messenger pada platform IOS dan Android. Thorsten Heins,CEO Blackberry, mengatakan “Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman BBM pada platform lainnya dengan feature lengkap didalamnya sebanyak yang kami bisa”. Thorsen Heins juga mengatakan, “Kami akan memulainya dengan messaging dan groups, namun nantinya kami juga akan menambahkan feature pesan suara dan berbagi layar. …BB10 adalah  platform yang kuat kami percaya diri bahwa platform ini bisa menjadi solusi pesan singkat yang independent“.

Blackberry Messenger (BBM) akan dibuat sebagai aplikasi yang berdiri sendiri pada platform IOS dan Android. Sebagai langkah awal pada musim panas ini aplikasi Blackberry Messenger (BBM) akan diluncurkan pada platform IOS versi 6 keatas dan Android versi Ice Cream Sandwich (4.0) keatas dengan feature standar messaging dan groups. Namun Blackberry meyakinkan bahwa feature BBM Voice and BBM Channels pada platform IOS dan Android akan tersedian tahun depan.

Feature awal Blackberry Messenger pada IOS dan Android

mengacu pada press release Blackberry[1] berikut ini feature awal yang tersedia pada IOS dan Android :

  • Standar BBM chats
  • Multi-person chats
  • Voice note sharing
  • BlackBerry Groups, dimana pengguna BBM bisa memasukan hingga 30 pengguna kedalam group ini dan bisa berbagi kalender, foto, files dan lain sebagainya.

Gebrakan Blackberry untuk mengeluarkan aplikasi Blackberry Messenger (BBM) untuk IOS dan Android bisa memungkinkan sebagai pesaing baru pada aplikasi messenger multiplatform yang sudah lebih dulu ada seperti WhatsApp, WeChat dan KakaoTalk. Seperti kita ketahui kebanyakan pengguna Blackberry di Indonesia menggunakan ponsel Blackberry karena feature Blackberry Messenger-nya, lalu apa yang terjadi apabila Blackberry Messenger (BBM) sudah tidak ekslusif lagi untuk device Blackberry? tapi juga tersedia untuk IOS dan Android, mari kita lihat perkembangan selanjutnya.

 


Catatan Kaki :

  1. http://blogs.blackberry.com/2013/05/bbm-ios-android/
  2. Thorsten Heins adalah seorang keturunan German dan Canada yang sekarang menjabat sebagai CEO Blackberry
  3. BBLive, Konferensi BlackBerry Live™, yang sebelumnya bernama BlackBerry World™, adalah sebuah event yang dihadiri oleh banyak kalangan dibidang teknologi dan bisnis untuk melihat apa yang akan Blackberry lakukan beberapa tahun kedepan dan apasaja yang telah Blackberry lakukan pada tahun lalu.